Google Analytics: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan

  • Oleh Fazri Maulana

  • 2022-05-10 01:04:43
Google Analytics: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan
Photo by : Marketspace.id

Untuk Anda yang punya kebutuhan melakukan tracking pada bisnis digital, Google Analytics adalah salah satu hal yang wajib dimengerti. Tools ini bisa membantu Anda dalam melakukan tracking aktivitas, baik itu internal, maupun eksternal.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah salah satu tools yang dibuat oleh Google yang berfungsi untuk menganalisa seluruh aktivitas website atau platform apapun yang terhubung secara online. Tools ini gratis dan bisa digunakan oleh seluruh pengguna bisnis yang ingin melakukan tracking terhadap aktivitas bisnis digitalnya.

Google Analytics ini sendiri adalah bagian dari Google Marketing Platform yang memang dibuat oleh Google, dan bisa dikaitkan dengan beberapa tools lain dari Google.

Walaupun gratis, namun Google Analytics punya fitur premium untuk pengguna yang memang membutuhkan fitur tambahan. Versi berbayar dari Google Analytics platform ini adalah Google ANalytics 360.

Apa Manfaat Google Analytics?

Secara umum sebenarnya Google Analytics bisa membantuk Anda meacak seluruh kegiatan bisnis digital, bahkan sampai dengan perilaku yang dilakukan oleh pengguna yang mengakses semua platform yang Anda buat, dan sudah Anda tanamkan script Google Analytics.

Secara detail, berikut ini adalah manfaat dari Google Analytcis:

1. Membantu melakukan pelaporan seluruh kegiatan pemasaran online dalam satu dashboard
2. Membantu pebisnis digital untuk mengenal dan mengetahui perilaku pelanggan yang berbasiskan data
3. Memberikan pengetahuian yang baru dalam bisnis digital berdasarkan data yang sebenarnya (real time)

Apa saja fitur Google Analytics?

Ada beberapa fitur dari tools ini yang bisa membantu dalam melakukan tracking aktivitas website untuk bisnis digital Anda. Berikut ini detail fitur Google Analytics:

1. Mengumpulkan informasi pengguna/pengunjung

Dengan adanya tools ini, Anda bisa mengumpulkan seluruh informasi pengunjung bisnis digital Anda, dan bahkan Anda bisa mengetahui latar belakang mereka dalam melakukan aktivitas di seluruh platform yang mereka kunjungi.

Informasi yang bisa Anda dapatkan bahkan sampai detail. Anda bisa mengetahui lokasi pengakses, jenis kelamin, aktivitas internet, jenis gadget sampai provider internet yang dipakai. Maka dari itu, tools ini sangat berfungsi dalam membantu Anda menentukan arah bisnis.

2. Memantau trafik pengunjung

Selain mengumpulkan informasi, tools ini juga bisa melihat berapa jumlah trafik pengunjung platform bisnis digital yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa melihat apakah langkah marketing yang sudah Anda lakukan selama ini benar atau tidak.

Data trafik ini bahkan bisa dipantau secara real time dan bisa membuat Anda menentukan langkah bisnis kedepannya, termasuk sumber pengunjung website yang membuat Anda mengetahui seberapa besar bisnis Anda dampaknya terhadap pengguna.

3. Menganalisis kinerja SEO (Search Engine Optimization)

Mungkin SEO masih terlalu awam untuk banyak pebisnis, namun untuk para penggiat bisnis digital sudah tidak asing dengan istilah ini.

SEO adalah salah satu strategi marketing yang digunakan untuk website dengan memanfaatkan seluruh kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna. Dengan Google Analytics, Anda bisa mengetahui seberapa berdampak SEO pada bisnis digital Anda.

Siapa saja pengguna Google Analytics?

Sebenarnya, tools ini bisa dipakai oleh seluruh bisnis tanpa adanya batasan industri. Selama bisnisnya berada di ranah digital, tools ini wajib untuk dipakai agar mempermudah melakukan analisis terhadap semua produk yang dijual.

Selain pemilik bisnis, para webmaster juga wajib menggunakan tools ini agar membantu perkembangan produk yang dibuat. Marketspace juga merupakan pengguna dari Google Analytics.

Sebagai agency penyedia jasa iklan google ads, jasa seo profesional, jasa social media marketing, dan jasa pembuatan branding perusahaan, Google Analytics membantu Marketspace dalam menjalankan bisnis dalam setiap campaign yang dibuat.

Dimana bisa belajar menggunakan Google Analytics?

Untuk Anda yang baru saja mendengar dan ingin mengenal bagaimana tools ini bekerja, bisa menggunakan beberapa referensi website yang bisa diakses gratis, diantaranya:

1. Google Analytics Academy

Platform ini dikembangkan oleh google dan berfungsi untuk para pengguna yang ingin belajar online untuk menguasai seluruh fitur dan program dari Google Analytics.

2. Udemy

Udemy adalah platform belajar online dari banyak pengajar di seluruh dunia. Walaupun memang berbayar, namun Anda bisa menemui beberapa kursus yang gratis dan Udemy memberikan sertifikasi utnuk para pelajarnya.

Nah, itu tadi pembahasan Anda mengenai Google Analytics mulai dari pengertian, fungsi dan penjelasan dari Marketspace yang berfungsi untuk memberikan pengetahuan dari tools ini. Tertarik untuk menggunakan jasa Marketspace? Hubungi kami sekarang juga!

Artikel Lainnya

Jasa Placement Media, Apa Fungsinya?

Apakah Anda seorang pebisnis? Jika iya, pernahkah menggunakan jasa placement media?

Mau Tahu Untungnya Pakai Jasa Influencer Marketing? Yuk, Intip Penjelasannya

Seperti yang telah diketahui, pemakaian dari jasa influencer marketing di beberapa tahun belakangan memang marak terjadi.

KEPINGIN JADI NANOINFLUENCER DAN MENGHASILKAN UANG? CEK TIPS INI!

Siapa pun di media sosial dengan kurang dari 10.000 pengikut. Mereka bermitra dengan brand untuk mempromosikan produk ke audiens yang lebih kecil dan lebih spesifik.

Google Ads: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan

Untuk para pebisnis digital, pasti sudah tidak asing dengan Google Ads. Dulunya bernama Google Adwords.