Google Ads: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan

  • Oleh Fazri Maulana

  • 2022-05-10 00:59:04
Google Ads: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan
Photo by : Marketspace.id

Untuk para pebisnis digital, pasti sudah tidak asing dengan Google Ads. Dulunya bernama Google Adwords, sekarang Google merubah branding menjadi Google Ads, sebuah platform yang bisa membantu pebisnis mempromosikan bisnisnya dengan lebih mudah dan efisien.

Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah sebuah platform periklanan yang dibuat oleh Google dan termasuk juga ke dalam Google Marketing Platform. Tools ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda dan memunculkan informasi diseluruh platform Google.

Google Ads bisa melakukan promosi ke banyak paltform yang dimiliki oleh Google, diantaranya Google Search Engine, Google Adsense, InMobi, Google Mail Marketing dan juga YouTube.

Pada intinya, dalam satu dashboard Google Ads, kamu bisa mempromosikan seluruh kebutuhan promosi bisnis digital Anda hanya dengan beberapa tahap saja. Maka dari itu, Google Ads sangat cocok untuk para pebisnis yang ingin mempromosikan produk dalam waktu lebih cepat.

Apa manfaat Google Ads?

Dengan adanya Google Ads, tentunya yang bisa Anda koneksikan dengan Google Analytics, Anda bisa melakukan aktivitas promosi dengan lebih jelas dan detail. Anda juga bisa melakukan targeting pengguna atau calon pembeli produk Anda. Berikut ini beberapa manfaat Google Ads:

1. Menarik minat audiens secara spesifik

Dengan menggunakan tools ini, Anda bisa melakukan promosi dan menargetkan pengguna secara lebih spesifik. Bahkan Anda juga bisa menentukan kata kunci yang Anda inginkan, dan muncul hanya di dalam kata kunci tersebut.

2. Mempromosikan bisnis dengan mudah dan efisien

Dengan tools ini, Anda bisa menghemat waktu untuk mendapatkan pengunjung atau calon pembeli produk yang Anda pasarkan. Google Ads memang sangat cocok untuk perusahaan rintisan atau startup yang tidak memiliki banyak budget.

Denga fleksibilitas yang memudahkan pebisnis, tools ini sangat cocok untuk mempromosikan bisnis Anda. Yang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan performa yang dihasilkan.

3. Mudah menghitung Return On Investment (ROI)

Dengan tools ini, Anda dapat dengan mudah menghitung Return On Investment (ROI), yang memang menjadi salah satu konsen dari setiap pebisnis dalam melakukan pengeluaran untuk kebutuhan promosi.

Dengan dashboard dan tampilan yang memudahkan Anda membaca hasil performa promosi, maka Anda dapat menghitung ROI dengan lebih mudah.

4. Lebih mudah melakukan penargetan audiens

Dengan adanya tools ini, Anda tidak perlu lagi khawatir membuang buang uang untuk kebutuhan promosi, karena Anda bisa spesifik melakukan penargetan promosi untuk pengguna tertentu.

Melalui penargetan yang sesuai, uang yang Anda gunakan untuk promosi tidak terbuang sia sia dikarenakan Anda akan melakukan penargetan kepada semua pengguna yang dekat dengan model bisnis atau produk Anda.

Siapa saja pengguna Google Ads?

Beberapa pebisnis digital biasanya sudah mengerti bagaimana menggunakan Google Ads, namun ada banyak juga beberapa pengusaha yang belum mengerti Google Ads dengan alasan tidak paham atau malas untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknologi ini.

Berikut ini adalah beberapa pengguna Google Ads yang biasanya menggunakan platform ini untuk memaksimalkan promosi mereka:

1. Perusahaan Konvensional yang Beralih ke Digital
2. Agency Advertising
3. Online Media
4. UMKM
5. Industri Rumahan
6. Properti

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Google Ads yang mungkin bisa membantu Anda mengetahui lebih lanjut tentang tools dari Google ini. Marketspace sebagai agency yang menyediakan jasa iklan google ads, jasa seo profesional, jasa social media marketing, dan jasa pembuatan branding perusahaan juga menggunakan tools ini. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Jasa Placement Media, Apa Fungsinya?

Apakah Anda seorang pebisnis? Jika iya, pernahkah menggunakan jasa placement media?

Mau Tahu Untungnya Pakai Jasa Influencer Marketing? Yuk, Intip Penjelasannya

Seperti yang telah diketahui, pemakaian dari jasa influencer marketing di beberapa tahun belakangan memang marak terjadi.

KEPINGIN JADI NANOINFLUENCER DAN MENGHASILKAN UANG? CEK TIPS INI!

Siapa pun di media sosial dengan kurang dari 10.000 pengikut. Mereka bermitra dengan brand untuk mempromosikan produk ke audiens yang lebih kecil dan lebih spesifik.

Google Analytics: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan

Untuk Anda yang punya kebutuhan melakukan tracking pada bisnis digital, Google Analytics adalah salah satu hal yang wajib dimengerti.